Kamis, 01 Desember 2016

Manfaat Daun Katuk Untuk Anemia

Manfaat Daun Katuk Untuk Anemia


Manfaat Daun Katuk Untuk Anemia - Tanaman katuk yang biasa orang jadikan sebagai sayur ini memiliki manfaat yang lebih untuk tubuh. kandungannya yang terdapat pada setiap bagian tubuhnya mempunya senyawa yang baik untuk tubuh manusia, Bukan hanya kulit manggis yang mampu mecegah penyakit anemia, Daun Katukpun memiliki kandungan yang baik untuk mencegah penyakit anemia. Tanaman Katuk ini memiliki banyak manfaat selain untuk mencegah penyakit anemia katu juga bisa dijadikan sebagai pelancar ASI yang sudah dipercaya oleh banyak orang. 

PENGENALAN TANAMAN KATUK 



Tanaman yang memiliki nama latin Sauropus Androgynus dan termasuk dalam Famili Euphorbiaceae ini biasa orang olah sebagai sayur ataupun jus, Tanaman katuk akan tumbuh dengan baik di ketinggian 180-220 meter dari permukaan laut. Tanaman katuk ini memiliki 2 jenis, jenis pertama adalah Katuk hijau yang biasa ditanam dipekarangan rumah dengan warna hijau pekat, dan yang kedua adalah jenis Katuk merah yang kebanyakan ditemukan tumbuh dihutan belantara. dengan warna hijau kemerah merahan. 

Tanaman Katuk ini memiliki beberapa ciri yang mudah untuk dikenali, beriku ciri-ciri tanaman katuk :
  1. Buah : Berbentuk kecil dan berwarna putih.
  2. Daun : berbentuk kecil, dengan warna hijau gelap, panjangnya 5-6 cm.
  3. Bunga : Bunga tanaman daun katuk berwarna merah gelap atau kuning dengan bercak merah gelap , tanaman ini berbunga sepanjang tahun.

KANDUNGAN DALAM TANAMAN KATUK DAN CARA MENGATASI PENYAKIT ANEMIA DENGAN DAUN KATUK


Tanaman katuk memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, tanaman ini dapat dijadikan obat herbal untuk beberapa penyakit, Pada bagian akar tanaman katuk ini memiliki kandungan saponin, flavonoida dan tanin, dan pada bagian daunnya terdapat kandungan seperti protein, lemak, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Kandungan ini lah yang berfungsi untuk mencegah bahkan mengobati beberapa penyakit yang menyerang tubuh manusia.
 
Senyawa aktif yang terdapat pada daun katuk adalah senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkap radikal bebas, pembentuk sel darah merah, pengatur keseimbangan asam basa tubuh, pengingkatan daya tahan tubuh dan penggangti sel-sel yang rusak. oleh karena itu daun katuk dipercaya untuk mengatasi penyakit. 

Bukan hanya kulit manggis kering saja yang mampu mengatasi penyakit anemia untuk tubuh, sekarang telah ditemukan berbagai tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit anemia, Pada 100g daun katuk memiliki kandungan zat besi sebanyak 2,7mg. Ketika Anda rutin untuk mengkonsumsi daun katuk, maka Anda juga secara terus menerus mendapatkan suplai zat besi untuk tubuh Anda, dengan demikian kebutuhan zat besi dapat terpenuhi. berikut ini anjuran mengkonsumsi Daun katuk untuk mengatasi penyakit Anemia: 

Untuk menghindari risiko efek samping dari daun katuk sebaiknya daun katuk dicuci kemudian  direbus dulu dan harus diingat  jangan mengkonsumsi daun katuk dalam jumlah lebih dari 50 gram perhari secara terus menerus dealam kurun waktu yang lama, sebab akan ada efek samping yang kurang baik untuk tubuh anda seperti: menjadi susah tidur, akan mudah mengalami sesak nafas dan juga tidak enak makan. Tetapi efek ini akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 40-44 hari setelah berhenti mengkonsumsi daun katuk.


CARA MENCEGAH PENYAKIT ANEMIA 


Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah penyakit Anemia :
  • Konsumsilah makanan yang bergizi dan seimbang, dengan asupan zat besi yang cukup sesuai dengan usia anda.
  • Hal terpenting untuk bisa mengatasi anemia adalah mencari terlebih dahulu penyebabnya. Bila penyebabnya telah diobati, maka penyakit anemia aka sembuh dengan sendirinya.
  • Selain zat besi, konsumsi juga makanan yang mengandung asam folat dan vit B12.
  • Perhatikan asupan kalsium, kopi, dan teh yang berlebihan. zat-zat tersebut dapat menghalangi penyrapan zat besi. 

Beberapa asupan yang harus dihindari oleh penderita anemia:

  1. Membatasi atau tidak sama sekali konsumsi makanan yang mengandung asam oksalat, makanan yang mengandung oksalat diketahui dapat mengganggu penyerapan zat besi. 
  2. Membatasi makanan kaya fitat, merupakan asam lemak jenuh yang terdapat pada biji-bijian seperti kacang, kedelai, beras merah, dan juga gandum, untuk penderita jika mengkonsumsi makanan yang mengandung fitat mampu meningkatkanpenyerapan zat besi dan menghambat penyerapan lain dan ini dapat memperparah kondisi penyakit dalam tubuh  
  3. Cegah makanan yang mengandung gluten, jenis protein yang biasanya terkandung dalam gandum. disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang mengandung gandum, jika mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum akan menyebabkan kerusakan pada dinding usus dan menghalangi penyerapan zat besi dan asam folat 
  4. Hindari makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju, yoghurt, kacang dan juga pisang. penderita anemmia disarankan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium sebab dapat mengganggu penyerapan Zat besi yang diperlukan tubuh 
  5. Jangan dulu konsumsi makanan kaya tanin  seperti kopi dan teh hijau, karena oleh kandungannya itulah penyerapan zat besi tidak akan berjalan lancar dan dapat memperparah penyakit yang diderita 
Demikian informasi yang disampaikan dari Manfaat Daun Katuk Untuk Anemia, semoga informasi ini dapat dipergunakan dengan baik, semoga penderita anemia diberikan kesembuhan dengan solusi dari daun katuk yang telah diinformasikan ini. 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar